Sunday, August 15, 2010

Beneath The Titans Empire: EXODUS... Bay Area Thrash Legend

"when metal and blood come together as one"



Ketika kita membicarakan 80's thrash movement benar - benar tidak etis dan aneh jika kita melupakan Exodus. Band ini didirikan oleh Gary Holt, Kirk Hammet, dan Tom Hunting di tahun 1980. sesudah membuat demo di tahun yang sama Kirk meninggalkan Exodus untuk bergabung dengan Metallica untuk menggantikan Dave Mustaine. Exodus merupakan band yang legendaris dan sangat penting dalam menumbuhbesarkan genre thrash metal bersama dengan Metallica di Bay Thrash Area. Walaupun tidak sebesar nama Metallica di mainstream akan tetapi Exodus adalah legend yang sangat dihargai di underground thrash circle.


berikut adalah 4 best classic albums of Exodus (countdown):

4. Impact is Imminent, Capitol Records (1990)

Album keempat Exodus dimana riff lagu - lagu ciptaan si jenius Gary Holt mengandung unsur Groove Metal yang kental dan powerful beserta shredding yang membuat kita mengawang - ngawang (what the fuck???). Entah mengapa media mengkritik album ini sebagai dekadensi Exodus padahal album ini sangat fresh dikala melemahnya 80s thrash movement menyambut tahun 1990an. Bisa didengar di lagu lagunya yang tetap thrashing but in the groovy way (and these are my favourites): A.W.O.L, Within The Walls Of Chaos, Heads they Win (Tales you Lose) dan lagu yang keeping the fast pace (my favorite): Impact is Imminent dan Thrash Under Pressure.




3. Pleasure of The Flesh, Combat Records (1987)

I really love almost all of the solos in this album.. the solos are EPIC. Pattern solo dari duo Gary Holt dan Rick Hunolt disini terlihat matched dan solid, searah dengan go with the flownya rhytm. Album ini merupakan debut pertama kali Steve 'Zetro' Souza untuk menggantikan Baloff.. tidak peduli dengan orang - orang yang bilang dia tak sebagus Paul Baloff.. karena menurut saya vokalnya juga tak kalah unik dengan Paul Baloff walaupun di album ini liriknya tidak dibuat secara maksimal.. but come on... this one was a warming up for him!
These are my favourites: Deranged, Parasite, Pleasure of The Flesh, Seeds Of Hate, dan Chemi-kill.





2. Fabulous Disaster, Combat/Relativity Records (1989)

Really fabulous album! struktur musik yang semakin variatif dari album - album sebelumnya (sedikit menggeserkan posisi Bonded By Blood ). Disini Zetro berhasil menunjukan kepada fans Paul Baloff bahwa dia more beast and wilder than Baloff.
Diawali dengan narration intro yang diambil dari dialog The American Way of Death. Kalian akan dihajar dengan fast pace music track The Last Acts Of Defience dan tanpa istirahat langsung digeber lagi dengan Fabulous Disaster. Lagu selanjutnya mulailah menurunkan gigi tapi tetap sebuah lagu yang neckbreaking.. The Toxic Waltz, anthemic song di album ini yang akan membuat anda mosh dancing dengan teman - teman anda.. thrash like an athelete and everybody's doin a toxic waltz!!
skip track.. kita masuk ke Cajun Hell (This is my favorite song after Toxic Waltz) diawali dengan harmonica dan blues sounded intro yang membuat lagu ini the toughest song in this album dilanjutkan dengan melodi riff yang menggigit, blues pentatonic scale yang digubah with harsh thrashing sound. Lalu dilanjutkan dengan solo yang menyayat!
well these songs are enough to me to describe how fabulous this album is... the rest... let's not spoiler and listen to it by your self!
oh iya album ini merupakan terakhir kalinya Tom Hunting bermain di Exodus sampai reuni first line up di album Another Lessons In Violence (1998) dan di album ini Exodus meng-cover War dan AC/DC.

1. Bonded By Blood, recorded at Prairie Sun Studios
(1984). Released on 1985 Torrid Records.

You have no business liking thrash/death metal if you don't have this album. Melengkapi pengaruh thrash bersama album Kill 'Em All dan menyaingi album Reign In Blood.. This is one of the most influential thrash album of all time! dan album ini juga bertanggung jawab atas lahirnya death metal genre. riff yang crunchy and chunky, solo Gary Holt dan Rick Hunolt yang sahut menyahut, pukulan snare dan hentakan double bass Tom Hunting yang memicu detak jantung, dan lirik - lirik anthemic and violent yang diteriakan dengan disgusted and hatred feeling yang khas oleh Paul Baloff membuat lagu - lagu di album ini begitu.. IN YOUR FUCKIN FACE!! mungkin ini alasan mengapa fans Paul Baloff menutup mata terhadap Zetro yang menggantikan posisi vokal sampai album Fabulous Disaster. Most of the songs are great and sadistic neckbreaking songs! but for me... lagu handalan disini adalah Bonded By Blood, Metal Command, Lessons In Violence, Piranha, dan And Then There Were None.

So ladies and gentle-thrashers! sebelum nonton konser EXODUS tanggal 29 September di Plaza Selatan, Senayan Jakarta... dianjurkan untuk menghapal lagu - lagu andalan mereka dari 4 ini supaya bisa sing-along dengan enjoy. but mark my words... BONDED BY BLOOD is a MUST!

================================================

Who's The Best Exodus Vocalist (Paul Baloff, Steve 'Zetro' Souza, Rob Dukes) ????

this is one tough question... how to define 'best' ?

ok secara skill dan modern sounded scream gw lebih milih Rob Dukes vokalis Exodus saat ini. Kalau dilihat dari uniknya suara gw lebih milih Zetro walaupun di album-album debutnya range-vokal Zetro kalah dengan Paul Baloff tapi ada progress oleh Zetro yang mengalahkan Baloff dan dibuktikan oleh Zetro di album Tempo of the Damned. Sedangkan Baloff merupakan vokalis yang fenomenal di masanya yang membuat lirik yang paling anthemic untuk metalheads di masanya.

jadi siapa yang terbaik? well, semua orang mempunyai pendapat masing - masing.. but my favorite one? of course Zetro! why?? he really has a unique voice! i love his creepy-voice.

No comments:

Post a Comment